BIKIN NPWP PRIBADI DI CIANJUR PART 01


Semua manusia khususnya warga Indonesia bakal ngalamin fase dimana kamu bikin SKCK, kartu AK/I, NPWP dan sebagainya, apalagi kalian yang baru lulus sekolah/kuliah, pasti kalian nganggur tapi nganggur produktif dong.
Tahun lalu sempat search apa itu NPWP, terus di suruh babeh gitu buat masukin laporan pajak via online,  terlebih liat si om posting di instagram. Tahun lalu cukup tau aja sih sama yang namanya NPWP, karena tuntutan pekerjaan pada akhirnya saya merasakan fase ini juga.

Setelah semalam tanya - tanya si om dan kebetulan besok libur kerja, akhirnya memutuskan buat bikin NPWP.
Bangun subuh, beres- beres rumah, makan, kemudian dengar kabar saudara meninggal, lalu mandi. Langsung pergi ngelayad.
Sepulangnya ngelayad, langsung menuju bank BJB buat benerin buku tabungan, karna tuh buku tabungan jarang di pake akhirnya bikin baru lagi, dan untungnya ngak ngabisin lebih dari 30 menit.
Lanjut pergi ke kantor pajak, pake motor seperti biasa,  karna saya lupa kantor pajak sebelah mana kelewat deh tuh haha (padahal malam si om udah kasih klu kalo kantornya sebelah kiri). Mana lewat 2 bom bensin, itung deh tuh bablas berapa meter haha
Yaudah saya berhenti di samping jalan dan berniat buat tanya sama orang sekitar situ, tapi saya pikir rasanya anak muda bahkan seumuran saya keknya ga bakal tau deh kantor pajak sebelah mana, dan saya tanya sama aa parkir yang mungkin usianya 2/3 tahun di atas saya.
“A, punten bade tumaros pami kantor pajak palih mana?”
“Duka teu apal neng,cobi taros ka si bapak itu nu nuju calik!”
“Muhun hatur nuhun a (tuhkan bener moal apaleun si aa mah -,-)“
Motor maju dikit, terus tanya lagi.
“Bapa, punten bade tumaros pami kantor pajak palih mana?”
“Atuh neng kalangkung, pas pom bensin nu ka hiji”
“(eh buset sabaraha meter eta bablasna haha) oh muhun pak terang, hatur nuhun pisan”
Nah baru sadar tuh ,puter arah dannnnnn….  ketemu haha
Langsung parkir tuh, biasa buka jaket dulu (namanya juga anak motor). Kemudian masuk kantor, ekspektasi si pintu bakal d bukain kek d bank bank gitu,eh ternyata engga haha (gini nih susah kalo punya jiwa ratu).


Kelar tuh, ternyata cuman ngabisin waktu??? Hmmm..kalo di hitung-hitung 1 jam 13 menitan. Dari jam 10.33 nyampe jam 11.40, tapi berhubung ada kesalahan dari loketnya jadi nambah durasi tuh. Gini nih ceritanya, saya dapet no antrian 46, di layar pemanggilan saya liat antrian 35 kemudian 36 dan seterusya, karena kanan kiri tak ada orang yang bisa diajak ngobrol otomatis nyalain handphone main game. Pas lihat layar lagi no antrian 45 sampai 55 dipanggil barengan tuh (saya pikir itu layar error) ternyata engga, emang tuh s teteh loketnya manggil barengan. Otomatiskan ya itu si dokumen ditumpuk meski pakai nomor antrian, kebetulan no antrian 45 barengan sama temennya tuh, tapi si temennya dapet no antrin 48, dua-duanya bapak-bapak , eh si bapak maksa pengen d barengin, dari awal udah curiga pasti data saya ketumpuk apalagi no antrian 46, yaudah dibiarin aja tuh, toh nanti juga di panggil.

Kemudian no antrian 45 s/d 55 di suruh tunggu, kita bareng- bareng nunggu tak lama kemudian antrian 45 dipanggil  48 dipanggil, 52,53 dipanggil. Saya heran tuh kenapa saya belum dipanggil, saya samperin ke loket terus nanya ke s tetehnya,
“Teh maaf, saya antrian 46 kenapa belum dipanggil ya?”
“Tadi kasih dokumennya ke siapa? Ke si aa bukan? (sambil nunjuk loket 2)”
“Engga teh saya kasih ke teteh barengan kan tadi. Saya no antrian 46 kayanya ketumpuk deh sama no antrian 48”
“Tunggu ya sebentar, duduk aja dulu” (s teteh sambil beresin panggilan selanjutnya karna tanggung)
Saya duduk tuh di loket sebelahnya di loket 4.
“Duduknya sebelah sini teh!” (si tetehnya nyuruh saya buat pindah kursi ke loket 3)
Pindah duduk ke loket 3.
Pas d cek sama s tthnya eh bener aja belum d bikin. Dalam hati ngomong bener negative thinking is power hahah.
Si tetehnya minta maaf tuh sambil nanya ulang nama,ttl,no hp,dll. Terus dibikinin, ternyata ga nyampe 5 menit. Eh buset kenapa tadi dibikin seabreg sekiranya bikin kartunya cuman beberapa menit doang.
Beres tuh, kartu NPWPnya jadi dan si teteh jelasin tiap tahun harus lapor setiap bulan Maret.

Ya udah balik tuh, lanjut ke bank BRI Syariah,soalnya ada yang harus d urusin, dan lagi-lagi pintunya gak dibukain haha, disini juga saya nunggu hampir >3 jam lamanya mantap kan? Untung lagi libur, kalo masuk kerja keknya uring-uringanan haha

Oh iya saya kasih saran nih, dimanapun kamu ngantri kamu harus tau nomor antrian sebelum dan sesudah kamu, jadi kamu tau dimana ada kesalahan apalagi kesalahan seperti yang saya alami.


Comments

Popular Posts