Coitus saat menstruasi?


Malam Minggu yang dipenuhi tetesan air hujan, memang duh do'a para jomblo selalu terkabul haha
Oke abaikan! Karena kali ini saya akan membahas coitus saat menstruasi/haid. Ngomong-ngomong apa itu coitus? Coitus = berhubungan intim/ berhubungan suami -istri /hubungan seks.
Jadi boleh gak sih coitus saat menstruasi? 
Berbahaya gak sih?
Lantas bagaimana dari segi hukum (agama) dan kesehatan?

Oke ladies kita bahas dari segi hukum (agama islam) terlebih dahulu ya, mari kita buka Surat Al-Baqarah ayat 222 :

Terjemahan :
"Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang"
Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haid itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri (QS. Al - Baqarah: 222)

Asbabun Nuzul ayat 222
Anas berkata, "Kaum Yahudi tidak memberi makan dan tidak tidur bersama istri mereka di rumah ketika istri mereka sedang haid. Para sahabat kemudian bertanya kepada Rasulullah. Lalu Allah menurunkan ayat ini. Kemudian Rasulullah bersabda, Lakukanlah apa saja, kecuali berhubungan suami - istri." (HR.Muslim dan Tirmidzi)
Nah sekarang kita bahas dari segi kesehatan. Ada beberapa alasan dari segi medis bahwa coitus saat menstruasi berbahaya, diantaranya :

1. DAPAT TERTULAR PENYAKIT
Penyakit yang mungkin timbul dari coitus saat menstruasi adalah kanker rahim dan berbagai penyakit lainnya. Bahkan bila sampai hamil maka janin tersebut rentan cacat. Penyakit berbahaya lainnya yaitu HIV/AIDS.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Laura Berman, PhD, seorang seksolog dari Universitas kedokteran Chicago, dalam www.seksualitas.com, dinyatakan bahwa virus HIV/AIDS akan lebih mudah menular pada pasangan yang coitus saat menstruasi.
Virus HIV adalah virus yang menjakiti darah. Saat wanita mengalami menstruasi, maka Miss V-nya akan dipenuhi darah kotor. Jika ia coitus dengan pasangan pengidap HIV, maka kemungkinan besar wanita tersebut terinfeksi HIV.

2. RENTAN TERJADI INFEKSI
Pada saat menstruasi terjadi peluruhan endometrium (dinding rahim) dan terjadi luka di dalam leher rahim. Nah jika terjadi coitus maka rentan terjadi infeksi pada serviks (leher rahim). Infeksi ini diakibatkan oleh kuman - kuman yang mudah masuk pada daerah yang luka. Infeksi yang timbul juga dapat menimbulkan kematian.
Infeksi juga terjadi akibat pH (tingkat keasaman) area vagina yang rendah. Seperti diketahui, asam pada vagina berguna untuk membunuh bakteri yang berbahaya. Nah, pada saat menstruasi, tingkat pH vagina akan berkurang. Kondisi ini akan mengurangi fungsi dari keasaman itu sendiri. Akibatnya, bila coitus pada masa ini maka bakteri yang masuk ke dalam vagina (organ intim kewanitaan) akan sulit dikendalikan dan akan lebih mudah terinfeksi.

3. ENDOMETRIOSIS
Endometriosis adalah salah satu kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita. Nah, saat wanita melakukan coitus dan mencapai orgasme, maka hal itu akan menyebabkan kontraksi yang kuat pada rahim. Saat kontraksi terjadi, darah kotor bisa masuk ke dalam tubuh melalui saluran telur dan menimbulkan endometriosis.


4. EMBOLI
Apa itu Emboli?
Yaitu hambatan pada aliran pembuluh darah. Saat coitus, gelembung udara akan muncul ketika penetrasi dilakukan. Nah, ketika menstruasi, kemungkinan adanya pembuluh darah yang terbuka sangat tinggi. Bila ternyata gelembung udara akibat penetrasi itu masuk ke dalam aliran darah, maka ia dapat menyebabkan emboli.

5. KEHAMILAN
Inilah mungkin penyebab yang sangat diantisipasi oleh banyak orang. Benar, meskipun coitus dilakukan saat menstruasi, tetapi kemungkinan untuk hamil itu bisa terjadi. Hal ini sudah dijelaskan di awal.

Jadi, baik secara hukum (agama) maupun kesehatan coitus saat menstruasi "TIDAK BOLEH" dan "BERBAHAYA", sebenarnya Ladies pasti mengetahui akan hal ini tapi kalo suami minta untuk berhubungan dan suami tidak mengetahui akan hal ini, alangkah lebih baiknya suami ladies diberi pengertian dan dapat menjelaskan bahwa coitus saat menstruasi sangatlah berbahaya. Karena bahayanya bukan hanya bagi ladies saja tetapi para lelaki pun dapat mengalami hal serupa (terutama poin 1 dan 2).

Oke untuk malam ini itu saja, semoga bermanfaat. Keep reading and keep sharing ๐Ÿ˜‰


Referensi :
1. Tanya Jawab seputar Menstruasi (Siti Nur Khamzah)
2. Al -Qur'an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka (Departemen Agama RI)
3. W

Comments

Post a Comment

Popular Posts