Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)



SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri (Breast Self - Examination/BSE) adalah pilihan cara pencegahan kanker payudara yang baik dilakukan, khususnya wanita dengan usia 20 tahun.
Para ahli kesehatan dan juga para penggiat Breast Cancer Awareness membantu penderita mendapatkan penanganan medis lebih awal. Pusat penelitian medis John Hopkins Research Centre di Amerika menyebutkan bahwa 40% penderita kanker payudara berhasil sembuh karena terdeteksi sejak dini melalui pemeriksaan sendiri di rumah secara teratur.
Saat yang paling tepat untuk melakukan pemeriksaan ini adalah pada hari ke 5 - 7 setelah menstruasi, saat payudara tidak mengeras, membesar, atau nyeri lagi. Bagi wanita yang telah memasuki menopause atau tidak menstruasi lagi, SADARI dapat dilakukan kapan saja. Lakukan pemeriksaan ini satu bulan sekali, setiap awal atau akhir bulan.
Para ahli kesehatan dan juga para penggiat Breast Cancer Awareness sangat menyarankan agar wanita melakukan pemeriksaan payudara sendiri, karena merekalah yang paling mengenal struktur payudara normalnya. Jika ada benjolan atau perubahan tidak normal lainnya pada payudara, maka mudah untuk langsung menyadarinya.
Jika khawatir apakah kita sudah melakukan SADARI dengan benar atau belum, maka pelajari langkah-langkahnya seperti pada video diatas https://youtu.be/1TrV17qMBdI
Melakukan SADARI secara teratur merupakan salah satu cara bagi wanita untuk mengetahui bagaimana payudara normalnya terlihat dan terasa. Jika ada perubahan, kita dapat langsung mengetahui dan merasakannya, serta segera melaporkannya ke dokter sedini mungkin. Jika perubahan terjadi, seperti terasa benjolan atau pembengkakan, iritasi kulit, nyeri puting atau retaksi (puting berputar ke dalam), kemerahan pada puting atau kulit payudara , atau keluar cairan selain ASI, temui dokter secepat mungkin untuk evaluasi. Ingat bahwa sebagian besar perubahan payudara bukanlah kanker.




Referensi :
Astrid Savitri,dkk, Kupas Tuntas Kanker Payudara, Leher Rahim & Rahim

Comments

Popular Posts